Membetulkan komputer yang tidak bisa mengakses file sharing

Seperti yang pernah saya copy paste tulis di sini
Di postingan tersebut saya 'belum sempat' untuk menterjemahkan apa arti dari artikel tersebut
Jadi, bersiap-siaplah kawan, karena saya akan mencoba menterjemahkannya untuk anda!

Dasar Permasalahan
Laptop Acer 4720Z milik teman saya tidak bisa mengakses file sharing yang ada di jaringan LAN di kantor kami

Gejala
Untuk mengakses file sharing, ada beberapa cara :
  • Keluarkan menu 'run', dan masukkan IP address dari mesin yang memiliki file sharing, didahului dengan tanda "\\", misal : "\\192.168.0.1". Lalu ketik OK. Bila berhasil, maka akan muncul windows explorer yang menunjukkan isi dari file sharing tsb. Namun jika tidak berhasil maka akan muncul :

    Oh tidakkkk
  • Keluarkan CMD, lalu masukkan perintah sebagai berikut :
    net use \\192.168.0.1
    jika berhasil akan muncul :
    the command completed successfully
    namun jika tidak, akan muncul :
    System error 53 has occurred.
    The network path was not found.
Nah, kira-kira hal seperti itulah yang terjadi pada laptop teman saya tersebut...
Hal seperti itu dapat terjadi jika ada service yang tidak running, yaitu Server dan Computer Browser. Setelah saya cek melalui services.msc, ternyata memang benar bahwa kedua service tsb tidak running. Lalu saya pun coba untuk men-start service Server terlebih dahulu, hasilnya? Dia running tanpa ada masalah.
Kedua, saya memeriksa kondisi service Computer Browser yang ternyata Stopped, dan ketika saya coba untuk men-start, dia running tanpa ada masalah. Namun, entah mengapa semua Gejala di atas tetap terjadi.
Setelah merenung beberapa saat, perhatian saya tertuju kepada ikon Wireless Connection yang sedari tadi mencoba "Acquiring Network Address". Saya mulai curiga, apakah itu ada hubungannya?
Dugaan saya cukup beralasan, service DHCP Client ternyata dalam status Stopped, dan ketika saya Start, dia gagal dengan alasan Dependencies (hal yang menyebalkan di semua dunia Sistem Operasi).
Setelah saya cek, service ini membutuhkan tiga service untuk running, yaitu :
  • AFD
  • NetBios over Tcpip
  • TCP/IP Protocol Driver

Untuk memperbaikinya, ada beberapa langkah :

Langkah I - Pastikan bahwa ketiga driver tsb ada.

Buka Windows Explorer dan buka folder %Windir%\System32\Drivers. Folder %Windir% merupakan variabel, di tempat saya contohnya "C:\WINDOWS\". Pastikan bahwa file-file berikut ada pada folder :
  • afd.sys
  • tcpip.sys
  • netbt.sys
Jika file tidak ada, maka ambillah mereka dari CD Windows XP atau dari folder ServicePackFiles\i386, yang mana merupakan versi terakhir.

Langkah II - Pastikan jumlah Dependencies

Untuk melihat dependencies dari DHCP Client, ketikkan perintah berikut di menu Run :
CMD /K SC QC DHCP
Cek output nya, ia harus mirip dengan berikut :
[SC] GetServiceConfig SUCCESS

SERVICE_NAME: dhcp
TYPE : 20 WIN32_SHARE_PROCESS
START_TYPE : 2 AUTO_START
ERROR_CONTROL : 1 NORMAL
BINARY_PATH_NAME : C:\WINDOWS\system32\svchost.exe -k netsvcs
LOAD_ORDER_GROUP : TDI
TAG : 0
DISPLAY_NAME : DHCP Client
DEPENDENCIES : Tcpip
: Afd
: NetBT
SERVICE_START_NAME : LocalSystem
Jika ada entry tambahan di Dependencies, maka harus dihapus melalui registry. Lakukan :
  • Klik Start, Run, dan ketikan Regedit
  • Masuk ke dalam Branch ini :
  • Sebelumnya, Backup branch ke dalam file REG
  • HKEY_LOCAL_MACHINE \ SYSTEM \ CurrentControlSet \ Services \ Dhcp
  • Double-click value DependOnService dan ubah data menjadi berikut :
  • Tcpip Afd NetBT
  • Tutup Regedit.exe

Langkah III - Pastikan Dependencies Services/Drivers sedang Running

  • Click Start, Run dan masukkan DEVMGMT.MSC
  • Pada View menu, klik Show hidden devices
  • Double-click Non-Plug and Play drivers
  • Double-click AFD, dan klik tab Driver
  • Set Startup type menjadi System.
  • Start service. Catat pesan error jika ada.
  • Juga lakukan hal yang sama terhadap service berikut:
  • * TCP/IP Protocol Driver * NetBios over Tcpip
  • Tutup Device Manager dan restart Windows.
Pada kasus teman saya, saya tak perlu restart Windows, dan problem telah teratasi.
Alhamdulillah ....

Nb : dengan cara pertama, laptop acer aspire 4732z saya langsung bisa digunakan untuk sharing data

copas : http://eorenmh.blogspot.com

0 komentar: