Cara Update Firmware Terbaru Modem Huawei E182E

Setelah sebelumya saya mencoba memberikan tutorial untuk update driver mobile partner ke versi terbaru yakni versi 23. Maka kali ini saya akan coba kasih tutorial buat update firmware untuk Modem Huawei E182E. Update ini awalnya dikarenakan modem yang baru saya beli ini sering Unmount / Reject sendiri dari USB laptop saya, setelah gogling dan ga tau jawabnya maka saya coba beranikan diri untuk update firmwarenya. Dengan resiko masalah beres atau modem kesayangan ane matot  :(

Huawei E182E Logo Telus
Perlu diketahuai bahwa untuk Update firmware sendiri sejatinya bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dari modem itu sendiri, atau bisa juga untuk proses unlock modem  itu sendiri.
tutorial ini mugkin juga bisa berlaku buat modem huawei tipe lainnya tinggal sesuaiin firmware yang mau di update aja.
Huawei E182E
Awal saya membeli modem E182E ini secara default sudah include versi firmware 11.831.03.00.464 (Telus), kemudian besoknya saya langsung Update keversi 11.831.06.01.464 (Telus).setelah melakukan Update ternyata benar modem yang sebelumya suka umount sendiri,sekarang normal gak ada masalah. Proses udate ke firmare versi ini modem masih tetap bisa digunakn untuk kartu /sim card indonesia (Unlocked). Tetapi jika melakukan Update ke firmare versi atasnya lagi maka nantinya akan dimintain Password atau flash code. Tapi tenang aja pada tutorial kali ini saya kan kasih tau caranya semua hehehe..baik banget kan gue :D

Pertama donlot dulu firmware yang dibutuhkan:
Bagi yang mau update modemnya agar speed menjadi 28.8 Mbps langsung saja donlot firmware no 2 dibawah ini,update bisa dilakukan langsung keversi 28,8Mbps tanpa melakukan update dari versi bawahnya terlebih dahulu.
  1. 1. Untuk firmare versi 11.831.06.01.464 (telus official) bisa download disini
  2. 2. Untuk firmware versi 11.865.07.00.618 (speed 28,8 Mbps) bisa di download disini
  3. 3. Untuk firmware versi  terbaru 11.868.03.01.55 (unofficial) bisa di download disini
  4. 4. Download  Universal Master Code disini (buat dapatin code password/flashing nanti)
Pada kesempatan ini saya akan melakukan update ke versi terbarau 11.868.03.01.55.
Okeyyy..! langsung kita mulai saja prosesnya dan seperti biasa do with your own risk...!!!
  1. 1. Tarik nafas dulu gan..siapin kopi atau camilan juga boleh ... :D
  2. 2. Donlot semua file yang dibutuhkan ( gak pake adfly ko gan ... :D )
  3. 3. Disconect modem jika sedang digunkan,kemudian cabut simcardnya...dan tancepin lagi ke USB PC, jangan lupa tuk mencatat IMEI modem jika nanti dibutuhkan untuk menggenerate flashing code.
    Catat IMEI dan Liat versi firmware lama
  4. 4. Klik dua kali file updater yang telah di donlot. pada tampilan pertama lalu klik start
  5. Eksekusi file updater
    Tampilan awal updater
  6. 5. program updater akan melakukan pencarain device modem dan penguncian port yang deperlukan
    Searching device
  7. 6. tampilan selajutnya adalah ringkasan update yang akan dilaksankan,disni juga dketahui ,diport berapa modemnya,versi firmware saat ini berapa dan firmware yang akan diupdate itu versi berapa. Jika sudah mantab ingin update langsung klik next dan start berturut-turut pada tampilan selanjutnya.
    Summary of Update

    Warninggg!!
  8. 7. pada tahap selanjutnya jika kita diminta melakukan pengisian paswword atau flashing code. terus dari mana kita dapat flashing codenya, caranya buka aplikasi Universal Master code, kemudian masukkan IMEI modem anda di kolom yang tersedia lalu klik generate. Copas angka yang muncul di kolom Flash dan masukkan di aplikasi upadater tadi lalu klik next.
    Flashing Code
  9. 8. Tunggu saja gan proses update sedang berlangsung...cemilannya boleh juga di makan kok ... :p
    Silahkan tunggu ..update sedang dilakukan
  10. 9. Kalau sudah selesai updatenya langsung klik finish
    Yeayyyy beresss...klik Finish
  11. 10. Buka mobile partner atau MDMA ,kalau modem gak terdeteksi cabut dan pasang lagi.silahkan dicek versi firmwarenya pastikan dah ganti ke versi yang barusan di update.
    Firmware terbaru
  12. 11. Yeayyyy....!!! akhirnya modemnya gak matot.. :D ,langsung silahkan dibuat donlot tu modem...sepuasnya.
begitulah semua proses update yang menegangkan sudah terlewati...mudah kan prosesnya...asal teliti dijamin gak akan terjadi hal-hal yang buruk deh...mungkin agar optimal driver di PC yakni mobile patnernya bisa juga di update ke versi terbaru nice..happy browsing,blogging & donlot gan :)

Copas : andik-kurnia.blogspot.com

0 komentar: